Pengikut

Minggu, 20 Januari 2013

Banjir, Kawasan Industri Rugi Rp 190 Juta per Hari

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengatakan, kawasan industri, Kawasan Berikat Nusantara (KBN), menderita kerugian Rp 190 juta per hari akibat banjir yang melanda Jakarta sejak Kamis, 17 Januari 2013.
"Mereka menderita kerugian yang signifikan karena akses yang lumpuh," katanya ketika dihubungi Tempo di Jakarta, Sabtu, 19 Januari 2013.
Sarman mengatakan, mayoritas industri di KBN merupakan industri padat karya, khususnya garmen. Para pelaku industri garmen tersebut, kata Sarman, mengalami penurunan produksi sekitar 60 persen akibat banjir tersebut. Menurut dia, produksi terhambat bukan karena pabrik lumpuh karena terkena banjir. "Kendalanya pekerja tidak bisa masuk ke KBN, jadi aktivitas operasional pun terhambat," katanya.
Berdasarkan pantauan Kadin Jakarta, aktivitas di KBN sudah berangsur normal pada Jumat lalu, 18 Januari 2013. Tapi pelaku industri tetap waspada karena hujan deras masih bakal mengguyur Jabodetabek selama seminggu mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar