Pengikut

Minggu, 20 Januari 2013

Grand Livina

IT'S a WHOLE NEW EXPERIENCE

Model Uji Grand Livina
Mesin 4-silinder segaris, 1.498 cc, CVTC
Tenaga 109 hp @ 6.000 rpm
Torsi 147 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi Otomatis, 4-speed
Transmisi Manual, 5-speed
Akselerasi 0 – 100 kpj 14,9 detik

GRAND LIVINA
1.5 S MTManual1500 ccRp.162.000.000,00
1.5 SV MTManual1500 ccRp.172.000.000,00
1.5 SV ATAutomatic1500 ccRp.182.000.000,00
1.5 XV MTManual1500 ccRp.187.000.000,00
1.5 XV ATAutomatic1500 ccRp.197.000.000,00
1.5 Ultimate ATAutomatic1500 ccRp.212.000.000,00
GRAND LIVINA AUTECH
1.5 HWS MTManual1500 ccRp.202.600.000,00
1.5 HWS ATAutomatic1500 ccRp.212.600.000,00
1.8 HWS MTManual1800 ccRp.235.900.000,00
1.8 HWS ATAutomatic1800 ccRp.243.200.000,00
*Harga sewaktu-waktu dapat berubah
*untuk plat T di kenakan biaya bbn sebesar Rp. 2.150.000,-

Sejak dipasarkan secara resmi di Indonesia pada April 2007, penjualan Nissan Grand Livina tetap stabil hingga sekarang. Dari awal MPV 7-penumpang ini diposisikan sebagai tulang punggung penjualan Nissan di Indonesia dengan kontribusi penjualan sebesar 60 persen dari total penjualan. Dari awal diluncurkan 2007 hingga 2010, Grand Livina telah memperoleh 15 award dan penghargaan dari berbagai media dan institusi.”Dengan tetap mengutamakan design yang stylish, kenyamanan (comfort) dan kosumsi bahan bakar yang irit, kini kami menghadirkan the New Nissan Grand Livina,” kata Takayuki Kimura, Presiden Direktur NMI.

Penyempurnaan pada interior dilakukan dengan mengganti warna beige (krem) menjadi black (hitam). Speedometer kini berwarna dasar putih (kecuali tipe SV), membuat visibilitas semakin jelas. Tampilan interior New Grand Livina lebih sporty dan fresh.
Sementara pada elemen eksterior, desain New Nissan Grand Livina semakin stylish dengan desain grille dan alloy wheel yang baru.
Model baru ini dipasarkan dengan lima pilihan warna yaitu: hitam, silver, abu-abu dan warna baru merah dan putih. Saat ini pemesanan seluruh line-up New Grand Livina sudah dapat dilakukan di seluruh dealer Nissan di Indonesia.
EXTERIOR
Kemewahan yang terlihat dari sisi depan Nissan NEW GRAND LIVINA memberikan kesan yang berani dengan keindahan desain dan fungsional. Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok yang memperlihatkan tampilan Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T dengan varian yang lainnya dalam urusan tampilan.
Memandang tampangnya, memang akan membuat mata susah berpaling. Padangan bemper dan grill baru dengan garis-garis melintang horizontal yang dikelilingi lapisan krom dan velg terbaru, memberikan kesan elegan pada Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T.
New Grille Design
Front Styling
New Alloy Wheel
INTERIOR
Airbag
Sementara masuk kedalam kabinnya, nuansa hitam menjadi sangat kental, tersemat pada setiap detail interior Grand Livina ini, baik jok, dashboard sampai ke doortrim. Mobil MPV 7 penumpang ini seolah menjadi lebih dewasa dengan tampilan serba hitam. Begitu juga terdapat kain pelapis jok yang berbeda dari sebelumnya yang kini terlihat lebih mewah.
New Comfortable Black Interior
for tipe Ultimate

Untuk posisi pengemudi terbilang nyaman untuk mengendarai Nissan Grand Livina ini. Pengemudi dapat menjangkau dengan mudah untuk panel – panel yang ada di dashboard maupun doortrim. Dengan kaca depan yang landai, pengemudi dapat melihat pandangan ke depan lebih leluasa.
Kenyamanan juga bisa didapat di kabin penumpang tengah, karena luasnya jarak antara bangku tengah dan depan. Penumpang tidak perlu takut kepanasan karena terdapat tempat keluarnya A/C untuk penumpang belakang yang terletak di konsol tengah. Apalagi dengan adanya Head Unit dari JVC yang bisa membaca piringan DVD dan dilengkapi dengan monitor yang terletak di bagian atas antara jok depan yang bisa membuat penumpang semakin nyaman. Untuk fitur yang dimiliki Nissan Grand Livina SV ini bisa terbilang cukup. Karena fitur ini menjadi fitur standar dari Nissan Grand Livina. Sedangkan untuk tipe ultimate Head Unit DVD terletak di bagian headrest kursu depan kiri dan kanan.
Interior Grand Livina tipe SV
LCD pada Tipe Ultimate

Performa
Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T ini mengusung mesin 1.5l 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC dan CVTC (Continuous Variable Valve Timing Control) dengan transmisi manual 5-percepatan. Mobil yang cukup responsif ini mampu menyemburkan tenaga hingga 109 PS pada 6000 rpm.
Meskipun dibekali mesin yang cukup responsif, mobil ini bisa masuk dalam kategori irit. Dari catatan yang pernah ada, mobil ini mampu mengkonsumsi 1 liter bensin dengan menempuh jarak 12,3 km untuk dalam kota. Sedangkan untuk jalan bebas hambatan ataupun perjalanan keluar kota, mobil ini mampu mengkonsumsi 1 liter untuk jarak 15,7 km.
Dalam hal handling, Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T cukup nyaman untuk dikemudikan. Jika diajak bermauver, mobil ini sangat mudah dikendalikan dengan didukung ukuran velg 15 inchi dan ban berprofil 185/65. Malah tergolong lincah untuk sebuah mobil MPV. Begitu juga saat dipacu pada kecepatan tinggi, tidak ada kesulitan berarti saat mengendalikannya.
Hadirnya Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T tidak bisa dianggap sebelah mata oleh para pesaingnya. Dengan harga yang sangat bersaing diantara para pesaingnya seperti Toyota Kijang Innova dan Honda Freed, Nissan sepertinya percaya diri dengan Grand Livina terbaru ini.
Tipe Highway Star
Grand Livina Highway Star merupakan hasil kolaborasi antara Nissan Corp. dan Autech Jepang yang notabene sebagai anak perusahaan Nissan yang fokus pada desain dan tune mobil-mobil Nissan, seperti X-Trail, Dualis, Bluebird Sylphy, Teana, Serena, Wingroad dan Tiida.

Interior HWS
Exterior HWS
Autech merupakan Autech Japan Inc perusahaan yang didirikan oleh Nissan Motor Company Limited Jepang sejak 1986. Perusahaan ini merancang khusus sebuah kendaraan untuk tujuan tertentu dengan bisnis utamanya sebagai SV (Speciality Vehicle), LV (Life Care Vehicle) dan WV (Work Use Vehicle).
Kerja sama dengan NMI dalam bentuk SV dengan merancang kendaraan Nissan yang disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan konsumen di Indonesia, namun tetap memperhatikan kenyamanan dan penggunaan sehari-hari. Tim designer Autech sebelumnya sudah menjajah Nissan X-Trail maupun Nissan Serena agar tampil lebih sporty. Lantas seperti apa hasil rombakan tim modifikasi khusus Nissan itu pada Grand Livina? Simak review ekslusif dari tim BosMobil.com beberapa waktu lalu.

Eksterior
Sama seperti racikan Autech lainnya, banyak aksesoris tambahan yang ditempel pada Nissan Grand Livina Highway Star. Pada front facia misalnya, desian grill depan kini berbentuk empat garis horizontal berlapis krom. Kemudian bentuk bumper juga direvisi sehingga terlihat lebih sporty apalagi dipadu fog lamp garnish dengan desain baru.
Pada bagian sisi, Nissan mempersembahkan bodi Grand Livina Highway Star dengan tambahan side skirt Autech. MPV 7 penumpang itu juga punya sepatu baru dengan penggunaan velg alloy 15 inci multi spoke berlekuk frill two tone colour.
Untuk sektor buritan, aksesoris Autech bisa ditemukan dari rear bumper spoiler dan rear upper spoiler baru. Bentuk rear commbination lamp tetap sama dengan Grand Livina lain, tapi di bagian belakang tepatnya di dekat handle bagasi ada tambahan emblem Highway Star yang disepuh krom.
Interior
Elemen Autech ternyata tak cuma menyentuh eksterior, tapi juga sisi interior. Begitu pintu dibuka, maka nuansa kabin berwarna hitam langsung menyeruak. Jok dan door trim dilapis kulit berwarna hitam yang juga senada warna dashboard Nissan Grand Livina Hihgway Star. Namun untuk pilar dan plafon dibalut dengan bahan suede berwarna beige.
Sarana hiburan pun cukup mumpuni. Audio system Nissan Grand Livina Highway Star siap memainkan CD, MP3, serta DVD dengan tambahan slot USB, Aux-in, hingga SD Card. Lagi-lagi mirip Nissan Serena Highway Star, pada head rest jok penumpang depan dan sopir juga ditanamkan layar monitor.
Performance
Dibalut tambahan bodykit, velg baru plus interior yang lebih mewah, ternyata jika membuka kap mesin maka versi Highway Star ini masih menggunakan jeroan yang sama dengan Nissan Grand Livina 1.8.

Bermodal mesin 1.8L 4 silinder DOHC CVTC dengan kode MR18DE, karuan saja lompatan tenaga dan torsi masih setara Grand Livina 1.8, yakni 126 PS pada 5.200 rpm dnegan torsi puncak 17,7 Kg-m di 4.800 rpm.

Ketika dilakukan uji jalan, saat posisi tuas transmisi ada di "D", akselerasi kurang optimal, tapi mobil bisa dipacu hingga kecepatan tinggi. Pada kondisi jarum speedometer menunjukkan 160 km/jam, mobil masih tetap nyaman, setir tidak mengalami getaran, dan deru mesin serta gesekan ban dengan permukaan aspal juga tidak berlebihan.
Jika membutuhkan akselerasi yang lebih baik maka tuas transmisi tinggal di geser ke posisi "2". Pada posisi ini juga berguna ketika menjelajahi medan jalan menanjak atau turunan tajam. Selain dengan menggeser ke posisi "2", akselerasi bisa juga di dapat dengan mengaktifkan fitur over drive. Caranya, tinggal tekan tombol kecil yang ada di tuas transmisi untuk mengaktifkan, lalu injak pedal gas dalam-dalam, maka Grand Livina Highway Star bisa melaju lebih lincah.
Suspensi yang masih menggunakan McPherson strut with stabilizer di depan dan Torsion beam with stabilizer pada bagian belakang membuat kaki-kaki Nissan Grand Livina Highway Star tak ada bedanya dengan Grand Livina 1.8L lain. Jika mobil dimuati 3-4 orang maka stabilitas sangat baik, tapi jika hanya sendiri, maka saat kecepatan tinggi masih muncul gejala ajrut-ajrutan. Nilai plusnya, versi teratas ini sudah diperkuat sistem keselamatan aktif ABS, EBD, dan BA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar